Reformasi Saran Keuangan Rollback Untuk Melanjutkan

Reformasi Saran Keuangan Rollback Untuk Melanjutkan – Pemerintah Federal telah mengonfirmasi akan mendorong langkah kontroversial untuk mempermudah reformasi undang-undang Nasihat Keuangan Masa Depan (FoFA), dengan alasan undang-undang saat ini mengurangi keterjangkauan dan aksesibilitas nasihat keuangan.

Menteri Keuangan Mathias Cormann mengatakan rencananya tidak akan pernah mengembalikan komisi untuk penasihat keuangan, namun peraturan akan diubah untuk mengizinkan “pembayaran insentif yang tidak bertentangan dengan saran” untuk diizinkan.

Penasihat Keuangan

Pemerintah mengatakan akan membuat amandemen undang-undang jika diperlukan untuk menangani konsekuensi yang tidak diinginkan yang timbul sebagai akibat dari perubahan tersebut, untuk lebih melindungi kepentingan konsumen, tetapi mengatakan tidak yakin hal ini diperlukan.

Pemerintah juga akan menghapus persyaratan “keikutsertaan” bagi pelanggan penasihat keuangan untuk menandatangani ulang kontrak dengan penasihat secara teratur, dan menghapus ketentuan umum dari kewajiban kepentingan terbaik yang mengharuskan penasihat untuk “mengambil langkah lain apa pun yang , pada saat advis diberikan, akan secara wajar dianggap sebagai kepentingan terbaik klien, mengingat keadaan klien yang relevan”.

Perubahan tersebut telah diumumkan menjelang rilis laporan sementara dari Financial System Inquiry pada 15 Juli, yang dipimpin oleh David Murray.

Sebuah panel ahli menanggapi di bawah ini.

Deborah Ralston, Profesor Keuangan dan Direktur Pusat Studi Keuangan Australia

Sangat mengecewakan melihat pemerintah keluar dengan perubahan operasi sektor keuangan ketika mereka mengatakan akan ada moratorium selama penyelidikan sistem keuangan. Akan menyenangkan melihat mereka menunda ini dan memasukkannya ke dalam campuran.

Langkah untuk mempermudah FoFA benar-benar mengecewakan.

Saat Anda berada di organisasi manajemen kekayaan yang terintegrasi secara vertikal, Anda dapat merujuk individu dari saran pribadi ke saran umum dalam organisasi yang sama, dan itu akan benar-benar merusak seluruh semangat dan niat FoFA.

Fakta bahwa mereka mengizinkan komisi untuk beberapa produk yang sangat kompleks, yang mungkin akan jauh lebih baik ditangani dalam hal nasihat pribadi tidak hanya penjualan bebas, adalah masalah yang sangat memprihatinkan – ini adalah langkah retrograde.

Saya pikir tidak jujur ​​​​bagi pemerintah untuk mengatakan akan membuat pengecualian ini sehubungan dengan komisi dan kemudian kembali dan berkata “Kami akan membuat perubahan peraturan nanti jika kami perlu”. Ini adalah kebijakan yang sangat buruk.

Dua pertiga dari klien penasihat keuangan benar-benar pasif dan mungkin tidak tahu bahwa mereka membayar komisi tambahan – mereka harus diberi tahu. Seberapa sulit untuk menulis kepada mereka setiap dua tahun dan memberi tahu mereka apa posisi mereka?

Jasa Profesional

Pernyataan pengungkapan akan menjadi sesuatu yang kami harapkan untuk dilihat di perusahaan jasa profesional mana pun, jadi untuk mengecualikan industri perencanaan keuangan dari hal ini sama sekali tidak masuk akal.

Dari sudut pandang bisnis, selalu merupakan praktik yang baik untuk memiliki pemicu untuk melakukan kontak dengan klien secara teratur – ini sering kali merupakan peluang untuk menjual lebih tinggi, dan terlepas dari pertimbangan etis, hal itu masuk akal secara bisnis.

Ada sebagian praktik perencanaan keuangan yang melakukan hal yang benar dan inilah yang sangat mengecewakan. Itu adalah kesempatan nyata bagi industri perencanaan keuangan untuk menyatakan dengan jelas bahwa itu bekerja dengan standar etika dan demi kepentingan terbaik klien.

Sangat penting bagi orang-orang untuk memiliki kepercayaan pada sektor ini, dan perubahan tersebut merusak langkah besar yang menurut saya merupakan langkah maju.

Warren McKeown, Rekan Pengajar, Nasihat Keuangan, Universitas Melbourne

Dalam siaran pers menteri keuangan Mathias Cormann dia menggunakan kata-kata pemimpin oposisi Bill Shorten bahwa remunerasi tidak bertentangan (dan tidak dilarang) ketika remunerasi dibayarkan yang tidak dapat diharapkan mempengaruhi pilihan produk keuangan.

Dia menggunakan pernyataan seperti itu untuk membenarkan bahwa di bawah pengaturan balanced scorecard, pembayaran insentif tertentu terkait dengan pemberian nasihat umum bukanlah remunerasi yang bertentangan.

Jadi, jika komisi langsung atau biaya rujukan (berdasarkan persentase komisi) dilarang, maka tidak ada larangan dalam beberapa bentuk pembayaran insentif atau sistem penghargaan lainnya.

Tampaknya di bawah sistem ini, orang masih akan masuk ke bank dan ditanya oleh teller apakah ada yang bisa mereka lakukan untuk mereka, termasuk produk asuransi dan investasi, atau diskusi tentang apa yang harus dilakukan dengan sejumlah uang.

Mungkin tidak ada biaya rujukan langsung ke teller, tetapi beberapa notasi akan dibuat untuk karyawan tersebut dan mereka akan menerima beberapa bentuk bonus… tanpa terkait langsung dengan penyediaan produk. Tampaknya akan ada cara di mana para pemain besar, bank, dapat menghindari pelarangan komisi. Komisi (hadiah) dengan nama lain?

Mengenai masalah Best Interest Duty, tampaknya terlalu berlebihan untuk menangkap setiap kemungkinan dan tunduk pada tantangan hukum, tetapi langkah-langkah yang masih diperlukan dari penasihat keuangan menutupi “kewajiban kepentingan terbaik” yang harus terus diberikan.

perlindungan tingkat tinggi untuk klien. Perubahan lain membantu tujuan mengurangi birokrasi tanpa berdampak pada kualitas nasihat kepada klien.

Paul Latimer, Associate Professor Hukum Bisnis dan Perpajakan, Universitas Monash

Mengapa kita tidak mengharapkan seorang perencana keuangan menjadi seperti seorang dokter – mencari “obat” terbaik dari semua pilihan? Saya berharap seorang dokter dapat melampaui “daftar periksa” jika perlu dan mempertimbangkan solusi lain seperti akupunktur, chiro, pengobatan Tiongkok, dll.

Mencabut bagian terbuka 961B(2)(g) berarti bahwa perencana keuangan tidak lagi diharapkan untuk dapat “mengambil langkah lain demi kepentingan terbaik klien mereka” – rekomendasi mereka sekarang terbatas pada produk keuangan dan bukan lainnya investasi termasuk real estat.